Gilig Guru

Beranda » Artikel » 10 Strategi Meningkatkan Omset di Era AI

10 Strategi Meningkatkan Omset di Era AI

Masukkan alamat email anda

Bergabung dengan 5.003 pelanggan lain

Blog Stats

  • 180.137 hits

Follow me on Twitter

  1. Program Diskon dan Promo: Diskon memang selalu digemari, selama dalam takaran yang pas. Tidak terlalu sering, atau sekalian memiliki pola khusus yang mudah dikenali. Diskon musiman ini dipakai marketplace seperti Shopi setiap tanggal dan bulan yang angkanya kembar, seperti 1 Januari, 2 Februari, 3 Maret dst. Program diskon acak seperti milik Indomar dan Alfamar juga memberi kesan kejutan bagi pengunjung yang sering berbelanja di sana.
  2. Loyalty Program: Buat program loyalitas yang memberikan reward kepada pelanggan setia. Ini dapat berupa diskon khusus, poin yang dapat ditukar, atau hadiah lainnya. Biasanya dalam bentuk kartu pelanggan, karena selain elegan, kartu ini berfungsi untuk mengingatkan pelanggan setiap membuka dompetnya. Tapi perlu digencarkan dengan keaktifan kasir untuk menanyakan kartu pelanggan, disamping juga membantu “menguangkan” poin bila mendekati masa berakhirnya agar pelanggan benar-benar merasakan manfaat loyalitasnya.
  3. Bundling Produk: Gabungkan beberapa produk atau layanan dalam paket dengan harga yang lebih murah. Ini dapat mendorong pelanggan untuk membeli lebih banyak item sekaligus. Contohnya adalah penjualan satu set cangkir isi 6 seharga Rp 60.000,-, dijual satu set isi 4 dengan harga Rp 40.000,- akan terlihat lebih murah padahal per biji sama-sama Rp 10.000,-
  4. Kampanye Media Sosial: Gunakan media sosial untuk mempromosikan produk atau layanan Anda. Postingnya perlu teratur, mengikuti jadwal pelanggan mengakses sosmed, konten menarik sesuai dengan pangsa pasar akan memancing keterlibatan dengan pelanggan sehingga meningkatkan awareness dan penjualan. Contohnya bila produk yang dijual adalah peralatan tukang, maka perdalam topik yang disukai bapak-bapak supaya viewer merasa “ini adalah info bermanfaat untuk saya”.
  5. Email Marketing: Di Indonesia rasa-rasanya newsletter atau email berisi informasi tentang penawaran terbaru, diskon, atau acara khusus kurang begitu diminati. Tapi boleh jadi cara ini adalah alternatif yang cocok di komunitas digital.
  6. Event Promosi: Selenggarakan event promosi yang tujuannya mengenalkan produk atau bisnis Anda. Bisa berupa diskon khusus, demonstrasi produk, atau acara spesial. Ini dapat menciptakan buzz dan menarik perhatian pelanggan.
  7. Kolaborasi dengan Influencer: Jika memungkinkan, kolaborasi dengan influencer yang relevan dalam industri Anda untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.
  8. Pemasaran Kemitraan: Buka peluang pihak lain untuk ikut memasarkan produk Anda. Misalnya menjual roti dibundling dengan minuman. Orang yang sedang dalam perjalanan tentu akan lebih menyukainya. Pihak penjual roti akan ikut mempromosikan minuman dan begitu juga sebaliknya..
  9. Pelayanan Pelanggan yang Unggul: Pastikan layanan pelanggan Anda luar biasa. Pelanggan yang puas cenderung merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain.
  10. Ulasan dan Testimoni: Mintalah pelanggan untuk memberikan ulasan positif dan testimoni. Testimoni yang baik dapat meningkatkan kepercayaan calon pelanggan. Contohnya undang pelanggan mengisi Gogl Review, setelah itu ekspos penilaiannya secara massal.

Ingatlah untuk selalu memahami target pasar Anda dan menyesuaikan strategi promosi Anda dengan kebutuhan mereka. Evaluasi secara berkala dan sesuaikan strategi jika diperlukan.


Tinggalkan komentar

Jumlah Pengunjung

  • 180.137 orang

See me