Gilig Guru

Beranda » Artikel » Artikel Islam » Hubungan Fitur LIKE dan REELS di Medsos dengan Quran

Hubungan Fitur LIKE dan REELS di Medsos dengan Quran

Masukkan alamat email anda

Bergabung dengan 5.003 pelanggan lain

Blog Stats

  • 180.137 hits

Follow me on Twitter

Dari dulu yang ingin saya lakukan adalah mematikan fitur LIKE medsos. Sekarang malah ketambahan REELS. Semakin menambah distraksi (pengalih perhatian)

Jadi teringat materi tentang “Wa dallahuma bi ghurur” artinya “maka syaitan membujuk keduanya (untuk memakan buah itu) dengan tipu daya.” Ustadz Nouman Ali Khan mengaitkannya dengan ayat 19 surat Yusuf “fa adla dalwah” kisah musafir yang menimba air lalu menemukan si kecil Yusuf a.s.

Dalla adalah kegiatan menarik sesuatu perlahan-lahan, sedikit demi sedikit, hingga sampai di tangan. Demikian cara kerja setan menyesatkan kita, dipalingkan dari satu ke yang lebih rendah, hingga kita tidak melakukan amal sholih, dan jatuh pada perbuatan sia-sia.

Misalnya ketika browsing mencari materi di internet, lalu muncul iklan, atau terlihat satu judul berita, atau centang notifikasi pesan dari teman, lalu kita baca… kemudian kita LIKE. Biasanya akan memunculkan algoritma untuk memunculkan berita serupa, supaya perhatian kita terus terserap kepada platform medsos tersebut. Dari situ kita berpindah dari mencari materi ke membaca materi lain, lalu berpindah lagi, sampai waktu habis ternyata kita belum menyelesaikan tugas di awal tadi. Bahayanya adalah, ketika kita tidak tuntas dalam mengerjakan amalan, akhirnya setan membisikkan rasa putus asa, “Ah, sudahlah, mungkin memang aku tidak bisa menyelesaikan pekerjaan ini.” Akhirnya gagal lah kita beramal shollih.

Semoga Allah menjauhkan kita dari gangguan setan.

Disclaimer, ini bukan berarti menyamakan medsos dengan setan ya… walaupun “yuwaswisu fii suduurin naas, minal jinnati wan naas.”


Tinggalkan komentar

Jumlah Pengunjung

  • 180.137 orang

See me