Gilig Guru

Beranda » Artikel » Artikel Pendidikan » Merdekanya Orang Baik dan Merdekanya Orang Buruk

Merdekanya Orang Baik dan Merdekanya Orang Buruk

Masukkan alamat email anda

Bergabung dengan 5.003 pelanggan lain

Blog Stats

  • 180.137 hits

Follow me on Twitter

Merdeka adalah anugerah Tuhan. Diberikan kepada siapa saja yang pantas. Namun makna kemerdekaan bisa menjadi negatif apabila dimanfaatkan oleh orang yang buruk. Jadi ada dua jenis kemerdekaan, kemerdekaan yang dimanfaatkan orang baik dan kemerdekaan yang dianggap orang buruk.

Apa contohnya?

Yang ringan-ringan adalah merdekanya pelajar SMA setelah lulus ujian, mereka merayakan dengan corat-coret baju dan konvoi sepeda motor. Merdekanya anak malas, yang ketika ditinggal orang tuanya keluar rumah, dia bergembira karena… “Hore, aku bisa main game sepuasnya!”

Merdekanya anak kos, yang tinggal jauh dari orang tua, hidup tanpa pengawasan, dan masih dikirimi uang bulanan. Kemerdekaan seorang anak yang melanjutkan ke jenjang pernikahan, ia bebas menentukan rumahnya sendiri dan mengatur hidupnya. Keduanya adalah kemerdekaan yang seiring dengan kemandirian. Semakin mandiri semakin merdeka.

Orang yang menjalani hukuman penjara, kemudian selesai, dan dia pun keluar darinya maka ia kini merdeka. Namun pilihannya tetap ada, apakah menjadi orang baik atau residivis.

Contoh yang berat adalah dari Spanyol dan Portugis, setelah Ratu Isabella I dari Spanyol menikah dengan Raja Ferdinand II dari Portugis, mereka mendirikan lembaga peradilan Inkuisisi sebagai alat untuk memaksa masyarakat masuk ke agama Kristen. Dari situ diusunglah konsep 3G  (Gold Gospel Glory) yang dicetuskan Paus Alexander VI untuk menjajah bangsa lain dan memurtadkan penduduknya. Kemerdekaan yang membawa penjajahan.

Maka saat ini kita mengisi kemerdekaan, marilah kita simak sejarah kemerdekaan yang diraih bangsa Indonesia dari penjajahan. Jangan sampai diisi dengan orang-orang buruk, karena mereka akan mengantarkan kepada pemanfaatan yang buruk pula.


Tinggalkan komentar

Jumlah Pengunjung

  • 180.137 orang

See me