Gilig Guru

Beranda » My Self » Renungan » Bagaimana menasihati teman yang sedang dirundung masalah?

Bagaimana menasihati teman yang sedang dirundung masalah?

DITIMPA MASALAH

Pernahkah Anda mengeluh, kenapa suamiku atau istriku seperti ini? Atau anak yang tidak beradab, teman yang bicaranya menyakitkan, tetangga menyebalkan, dan orang-orang di dekat kita lainnya seolah tidak berhenti menimbulkan masalah pada diri kita?

Tentu saja pernah, karena mereka bukan malaikat, tapi bukan pula setan.

Mereka ada dalam hidup Anda karena Allah yang mengaturnya. Semua bukan kebetulan. Allah pertemukan mereka dengan Anda untuk sebuah rencana, dan rencana Allah pasti terlaksana! Dialah sebaik-baik pembuat rencana.

Dan rencana Allah pasti baik, Dia tidak pernah dan tidak akan berbuat dzalim pada hamba-Nya.

Dia tahu, dan percaya, Anda bisa membantu mereka keluar dari masalahnya. Tidak ada orang yang suka dirinya bermasalah. Apa anak Anda suka menjadi nakal? Tidak, itu hanya caranya mendapatkan sesuatu yang tidak dia ketahui caranya yang lebih baik. Apa tetangga Anda suka memiliki sifat kalau berbicara menyakitkan? Pasti tidak, itu karena ada kesalahan yang ingin dia ubah namun tidak tahu cara menyampaikan yang lebih santun.

Kalau Anda ditakdirkan mendengarkan mereka, berarti Anda berkesempatan membantu mereka.

“Siapa yang melihat kemunkaran maka rubahlah dengan tangannya, jika tidak mampu maka rubahlah dengan lisannya, jika tidak mampu maka (tolaklah) dengan hatinya dan hal tersebut adalah selemah-lemahnya iman”. (Riwayat Muslim)

Kalau Anda lari, kesempatan akan hilang, namun permasalahan hanya akan berganti. Di tempat baru, Allah akan berikan masalah yang lain. Karena sebenarnya masalah itu hanyalah cara Allah menguji kita.

Hidup itu ujian, maka hidup penuh masalah. Namun bila cara pandang anda digeser, hidup itu ladang amal, maka masalah adalah kesempatan Anda beramal.

Wallahu A’lam


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Jumlah Pengunjung

  • 157.923 orang

See me

%d blogger menyukai ini: