Gilig Guru

Beranda » Artikel » Artikel Islam » Belajar Bertanggung Jawab dari Nabi Musa alayhi salam.

Belajar Bertanggung Jawab dari Nabi Musa alayhi salam.

Siapa menyangka pembelaannya kepada kaumnya, bani Israel, atas tentara Mesir, akan berujung kematian? Bukankah itu cuma satu pukulan yang tidak menyengaja untuk menghilangkan nyawa? Satu dasawarsa mengasingkan diri dari kejaran Raja Mesir yang lalim, Tuhan justru menitahkannya kembali ke hadapan ayah angkatnya, Firaun, sosok yang dihutanginya budi sejak bayi? Kemana wajahnya harus disembunyikan? Bukankah tinggalnya Musa a.s. di Madyan justru telah memperbaiki kehidupannya? Kenapa harus mempermalukannya dengan kembali di Mesir?

قَالَ رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Alih-alih mengeluh, Musa meminta: “Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku” (QS. Thoha: 25-28)

Beratnya rasa malu sering menghalangi kita mengakui kesalahan. Malu untuk meminta maaf. Maka perhatikanlah kembali doa sang Nabi, sebuah permohonan kesiapan untuk memperbaiki kesalahan.

Itulah yang mungkin membuat orang Jepang mengundurkan diri dari jabatannya. Bedanya, Allah azza wa jalla mengajarkan kepada Nabi yang dikenal keras wataknya itu untuk tampil menghadapi rasa malunya untuk mengemban amanah perbaikan bangsanya, bukan lari bersembunyi.

Maka bismillah, sahabat, saat dirimu kini menetapkan untuk bertanggung jawab atas kesalahanmu di masa lalu, sesungguhnya engkau sedang menapaki jalan yang telah dilalui Sang Kalimullah, manusia yang diajak berbicara langsung oleh Allah. Embanlah kemuliaan ini.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Jumlah Pengunjung

  • 157.052 orang

See me

%d blogger menyukai ini: