Gilig Guru

Beranda » Artikel » Artikel Pendidikan » Sekolah Tanpa Visi

Sekolah Tanpa Visi

Ingatlah pertama kali melamar kerja atau masuk hari pertama. Adakah pembicaraan Anda bersama pimpinan Anda berkaitan dengan visi? Ataukah langsung membahas tentang tugas dan kewajiban?
Pertanyaan seperti “Kenapa Anda memilih bekerja disini?” atau “Tahukah Anda mengenai visi Kami?” adalah untuk memastikan Anda berada di pilihan kendaraan yang benar. Senyampang masih di awal, kalau salah tujuan sebaiknya turun dan berbalik arah.
Ataukah pembicaraan seperti “Ini yang harus Anda kerjakan dan ini target yang harus dicapai” atau “Tolong gantikan ibu mengajar ini dan jangan membahas materi itu” yang sifatnya mengarahkan untuk mengikuti pola dan irama kerja yang sudah berjalan di organisasi sekolah.

Jikalau tidak pernah Anda dapati pertanyaan mengenai visi, saya menduga keras bahwa pekerjaan Anda hanya menuntut tenaga atau -paling bagus- pikiran, namun bukan hati Anda. Tidak jauh beda saat perusahaan membeli komputer atau mesin. Guru dituntut untuk mengajar, mengejar ketuntasan materi, tapi keterlibatan guru masih jauh dari rasa kekeluargaan. Keberadaan mereka hanyalah sebatas “knowledge” dan “skill”, tapi tidak mengacuhkan “wisdom”.
Berikut ini adalah masalah yang dimiliki organisasi (sekolah) seputar visinya.
Hal ini merisaukan karena sekolah semakin diperlakukan seperti pabrik yang mencetak lulusan dengan pola penyeragaman. Dengan adanya visi, maka guru bisa berkreasi untuk memilih jalan yang paling cepat atau paling mudah asalkan tujuan tercapai, sedangkan tanpa visi maka guru “diharuskan” mengikuti pola keseragaman yang sudah berjalan, guru yang berjalan di luar konsensus akan dapat menyebabkan kekacauan (entah itu karena kreativitas maupun hal lain).
Jadi sekali lagi, bagaimanakah visi sekolah Anda?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Jumlah Pengunjung

  • 152.217 orang

See me

%d blogger menyukai ini: