Gilig Guru

Beranda » Artikel » Artikel Pendidikan » 6 Perbedaan Lain antara S1 dengan S2

6 Perbedaan Lain antara S1 dengan S2

Salam, di berbagai blog yang saya baca, kebanyakan kurang memberikan gambaran perkuliahan yang saya butuhkan. Disini saya coba memberikan apa yang berbeda untuk melengkapi yang sudah ditulis. Semoga bermanfaat!

  1. Program S1 mempelajari hal-hal yang lebih umum, sedangkan program S2 bisa jadi mempelajari hal yang sama secara lebih spesifik dan mendalam. Secara umum, skripsi S1 mempelajari “apa” atau “kenapa” sedangkan S2 mempelajari “bagaimana bisa terjadi”
    Lebih dalam dari itu, S2 seharusnya bisa menyelami metode yang lebih efektif dari yang sudah ditemukan oleh mahasiswa S1.
  2. Dalam kelas-kelas S1, mahasiswanya biasanya berjumlah banyak dan penyampaian materi bersifat umum. Sedangan S2 mahasiswa per kelas jauh lebih sedikit karena mereka diharapkan bisa lebih intensif berdiskusi/presentasi dengan pembimbing, bahkan tak jarang pertemuan kelasnya satu dosen satu mahasiswa.
  3. Program S2 lebih berorientasi kepada penelitian, meskipun kadang terdapat tugas kelas, namun lebih banyak persiapan dan seminar penelitian.
  4. Ujian pada program S1 biasanya bersifat tulis, sedangkan S2 tidak jarang digantikan dengan tugas. Di STIE Mandala Jember tempat saya menempuh S2 manajemen, hampir setiap dosen memberikan tugas menganalisis dan presentasi setiap pertemuan. Sedangkan saat saya menempuh kuliah di Hiroshima beberapa profesor hanya memberikan tugas di akhir pertemuan berupa presentasi.
  5. Mahasiswa S1 bisa pindah jurusan, kemudian nilai-nilainya bisa dimatrikulasi, tapi ini sulit bagi mahasiswa S2 karena sejak awal mereka telah mengkhususkan penelitiannya. Kalaupun bisa, maka yang dilakukan adalah merubah obyek penelitian, bukan jurusannya. Teman saya yang mengambil S2 di Jepang meneliti hal yang diluar disiplin ilmunya. Di tengah perjalanan ia terpaksa merombak penelitiannya dan memulai lagi dari 0, namun untuk bidang yang sama. Dia tetap harus bertahan di fakultasnya, tidak mungkin baginya pindah fakultas.

Menurut Anda apa yang saya sampaikan ini berbeda dengan kenyataan? Tulis di bawah ini ya!

Wallahu a’lam bish showab.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Jumlah Pengunjung

  • 152.217 orang

See me

%d blogger menyukai ini: