Gilig Guru

Beranda » Artikel » Artikel Pendidikan » Cara Menanamkan Kejujuran

Cara Menanamkan Kejujuran

Dalam kasus mencontek saat ujian nasional

Menanam kesadaran ini ibaratkan menanam tanaman, kita tidak bisa memberitahu mencontek itu jelek, haram, dosa, lalu meninggalkannya begitu saja seolah anak sudah langsung mengerti dan otomatis menjauhinya. Kita harus memberinya pupuk, menyirami, menyingkirkan gulma dan ulat, terus-menerus hingga berbunga atau berbuah.

Sampaikan kisah teladan, yang bisa bersumber dari pengalaman pribadi. “Dulu Ayah pernah dimintai jawaban saat ujian. Ayah menolak. Lalu mereka mengata-ngatai Ayah macam-macam. Tapi itu terjadi sekali saja. Pada saat ulangan berikutnya mereka yang begitu tahu tempat duduknya bersebelahan dengan Ayah langsung lemas, ‘Yaaa… duduk sama Gilig, kering deh!’ mereka tidak mengganggu Ayah lagi.”

Setiap akan ujian pesankanlah untuk taat kepada Allah, karena Dia Maha Melihat, baik secara sederhana maupun melalui kisah-kisah teladan. Setiap selesai ujian, pujilah usahanya yang bersungguh-sungguh dengan kejujuran, itu adalah upah yang tak ternilai. Saat menerima hasil ujian yang jatuh, tenangkan kesedihannya melalui kalimat “Bagi Ayah, berapapun hasilnya, kejujuranmu adalah yang paling berharga karena itulah yang diridhoi Allah.” Dan bila kedapatan mencontek, cabutlah hamanya dengan hukuman, “Kecuranganmu membuat Ayah tidak pantas memberi uang saku selama seminggu. Silakan buktikan betapa berharganya kejujuran dengan bekerja mencari uang sendiri.”

Kalau pendidikan yang kita berikan pada anak menutup semua pintu kemungkinan untuk curang, maka anak mau tidak mau harus lewat pintu jujur agar bisa maju.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Jumlah Pengunjung

  • 104,620 orang

See me

%d blogger menyukai ini: