Gilig Guru

Beranda » Artikel » NU dan Khilafah

NU dan Khilafah

20140626-043119-16279162.jpg
Subuh ini perbincangan dengan seorang teman NU cukup menghangatkan kembali semangat saya. Teman yang satu ini saya kenal sangat istiqomah sholat 5 waktu di masjid, sampai-sampai ia dipanggil “Gus” oleh yang lain. Selain aktif yasinan, dia juga tidak pernah menolak permintaan tolong dari siapapun, di kamarnya terpampang foto ulama yang dikaguminya.

Pembicaraan bermula dari topik memilih tempat kuliah di timur tengah, saya mengidamkan untuk bisa melayang ke Madinah. Tapi Gus ini mengatakan keinginannya ke Yaman. Yang menarik ialah saat dia melanjutkan alasannya, “karena disitulah menurut hadits tempat akan berdirinya Khilafah”.

Selama ini saya mengira tema Khilafah adalah tabu di kalangan nahdliyin, tapi dengan lancar beliau merinci bahwa yang dicitakan oleh Ahlissunnah wal jamaah adalah Khilafah Global bukan Khilafah Lokal.

Ada to Khilafah Lokal? Saya pun bertanya, dijawab, “Khilafah lokal itu ya hanya di Indonesia yang dijadikan negara Islam, seharusnya Khilafah itu seluruh dunia, Indonesia nanti masuk di dalamnya.”

Subhanallah, semangat Gus!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Jumlah Pengunjung

  • 123,308 orang

See me

%d blogger menyukai ini: