Gilig Guru

Beranda » Artikel » Artikel Islam » Mengajarkan TAUHID dulu, wajibkah?

Mengajarkan TAUHID dulu, wajibkah?

Saya biasanya berusaha menghindari topik ini karena hanyalah masalah furu, yakni prioritas. Kaum Muslimin bersepakat bahwa tauhid adalah pondasi yang wajib dimiliki setiap manusia. Namun dalam dakwah dan pendidikan, tidak semua berjalan dari titik yang sama tidak pula menggunakan pendekatan yang sama.

Anda ingat, apa yang menyebabkan Anda dulu mendalami agama lebih dari sebelumnya? Apakah itu masalah tauhid? Tidak semua orang demikian. Ada yang menemukan hidayahnya melalui ilmu pengetahuan, ketinggian akhlak, kebenaran logika dalam agama Islam, ada pula yang lain.

Ingatlah, bahkan Allah mengawali firman-Nya dengan perintah “Bacalah” baru kemudian tauhid.

Jikalau ada orang yang memiliki ilmu tentang agama, namun bukan dalam hal tauhid, apakah dilarang baginya berdakwah mengenai hal yang dikuasainya sebelum dia mendakwahkan tentang tauhid?

Jikalau ada orang yang tertarik dalam hal agama, namun bukan dalam hal tauhid, apakah dilarang baginya menyampaikan hal yang menariknya kepada yang lain sebelum dia menyampaikan tentang tauhid?

Jikalau ada orang yang mengetahui ada kemaksiatan berlangsung, namun bukan dalam masalah tauhid, apakah dilarang baginya untuk mencegah kemaksiatan itu sebelum dia mengajak kepada tauhid?

Kalau memang dakwah tauhid harus dituntaskan dulu sebelum berdakwah dalam bidang yang lain, maka selamanya tidak akan ada pembahasan selain tauhid. Namun pada kenyataannya, bahkan yang “menekankan” tauhid dulu juga membahas hal-hal lain sebelum permasalahan tauhid di masyarakat selesai.

Wallahu a’lam. Semoga tidak saya tidak pula Anda, termasuk orang yang meremehkan kaum Muslimin karena amal sholih mereka.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Jumlah Pengunjung

  • 115,548 orang

See me

%d blogger menyukai ini: