Gilig Guru

Beranda » Artikel » Artikel Islam » Pancasila Bersanding dengan Penegakan Syariat Islam

Pancasila Bersanding dengan Penegakan Syariat Islam

Prof Fahmi Amhar menulis status yang inspirasional, yang esensial terhadap hubungan Pancasila dengan Islam.

Pancasila itu nilai-nilai yang sama dari berbagai ideologi yang bertemu di Nusantara. Maka, Pancasila TIDAK MELARANG penerapan syariat Islam, tetapi juga tidak melarang penerapan liberalisme, kapitalisme atau sosialisme. Sebaliknya, Pancasila juga TIDAK MENYURUH penerapan syariat Islam, juga tidak menyuruh penerapan liberalisme, kapitalisme atau sosialisme.

Pancasila tidak melarang, dan juga tidak menyuruh. Tetapi karena bangsa Indonesia ini mayoritas muslim, dan umat Islam adalah pemilik saham terbesar atas kemerdekaan negeri ini dari penjajahan. Maka kalau gara-gara Pancasila umat Islam dilarang menerapkan syariat Islam, jangan salahkan, kalau umat Islam jadi menolak Pancasila !!!

Justru sebaliknya, kalau ingin umat Islam ihlas menerima Pancasila, dorong mereka agar menerapkan syariat Islam, karena hanya dengan syariat Islam saja, nilai-nilai Pancasila itu akan terwujud dengan lebih baik, dan dengan cara-cara yang benar.


1 Komentar

  1. sekarayuree mengatakan:

    bangsa indonesia itu merdeka bukan karena suatu agama, suku, atau etnis tertentu. tapi, kemerdekaan bangsa indo itu diperoleh karena perbedaan yg ada di indo mau bersatu. makanya dibuat pancasila, karena yg berjuang bukan cuma agam islam, atau suku tertentu, melainkan semuanya. dan pancasila tidak pernah melarang penegakan syariat islam, pancasila itu dari sila pertama (ketuhanan yang maha esa) artinya indonesia menghormati dan mempersilahkan rakyatnya untuk memeluk agama yg di yakini, dan menjalankan ibadah sesuai agamanya. itu jelas di UUD.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Jumlah Pengunjung

  • 104,620 orang

See me

%d blogger menyukai ini: