Gilig Guru

Beranda » Artikel » Artikel Islam » Para Penumpang Gelap

Para Penumpang Gelap

Seringkali kita menunjuk orang-orang dari jamaah lain, yang aktif duduk di kepengurusan persyarikatan, atau aktif meramaikan masjid-masjid dan pengajian, atau aktif menggiatkan amal usaha-amal usaha Muhammadiyah, sebagai penumpang gelap. Tidak sedikit dari mereka kemudian dipinggirkan namun kemudian waktu membalik keadaan dan membuktikan tidak sedikit pula dari mereka yang berhasil mendirikan yayasan baru, pesantren baru, dan sekolah baru yang sukses. Sayangnya, sedikit sekali kebanggaan bapak-bapak Muhammadiyah terhadap mereka. Seolah tidak merasa ikut menjadi bapak bagi kelahiran mereka. Anda mungkin mengenal Pesantren Rabbani, lembaga Amil Zakat Rizki, dan Ma’had Hafizhul Qur’an Ibnu Katsir. Tidak lupa pula Kajian Dhuha Ikadi Jember yang sudah menyalip ketenaran Pengajian Ahad Pagi di PDM Jember.

Ada apa di dalam tubuh bapak-bapak Muhammadiyah? Seolah perbedaan pemikiran harus disikapi dengan tajam hingga memutuskan hubungan.

Sementara di berbagai amal usaha Muhammadiyah, banyak orang yang lesu dakwah melamar menjadi guru dan karyawan, kemudian bekerja mencari nafkah, namun saat ada panggilan dakwah tidak terlihat batang hidungnya. Mereka ini tidak menghidup-hidupi Muhammadiyah, mereka ini  mencari hidup di Muhammadiyah. Bahkan tidak jarang mereka mencuri hidup di Muhammadiyah.

Para pencuri hidup Muhammadiyah inilah yang lebih diopéni (dipelihara) daripada aktivis-aktivis vokal yang berselisih paham tadi. Apakah mungkin karena mereka diam? Manut (penurut)? Tidak protesan? Mungkin awalnya saja terlihat begitu, karena bagi saya mereka inilah penumpang gelap sesungguhnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Jumlah Pengunjung

  • 123,308 orang

See me

%d blogger menyukai ini: