Gilig Guru

Beranda » Artikel » Asyiknya Mengajar KKPI (Excel)

Asyiknya Mengajar KKPI (Excel)

Tugas KKPI (klik untuk menuju websitenya)

Saya selalu ingin mengajar dengan memberikan makna dalam kehidupan. Pembelajaran Realistis. Atau dengan kata lain, membuat apa yang dipelajari siswa benar-benar teraplikasikan dalam hidupnya.

Nah, kali ini saya mencoba secuil dari konsep tersebut. Dalam pelajaran Excel, saya membuat tugas KKPI dengan memadukannya dengan Matematika.

Dalam gambar di samping, saya daftar nama-nama bangun datar, tanpa isian ukurannya. Siswa saya minta mengisi rumusnya sendiri. Disini mereka berusaha menerjemahkan rumus matematika (Misalnya Panjang x Lebar) menjadi rumus dalam Excel (Dalam contoh disamping menjadi C3*D3). Dari sini siswa tertantang untuk mengembangkan menerjemahkan rumus ke dalam Excel.

Saya menyukai bagaimana mereka berusaha menemukan solusi di tengah keterbatasan informasi. Lalu sisi mana yang disebut realistis?

Memang tidak banyak. Alih-alih membahas gaji yang tidak banyak dibutuhkan siswa, saya membahas matematika yang sedang mereka butuhkan. Jadi siswa belajar KKPI sambil memperdalam Matematika. Lebih lanjut saya mengajarkan sikap bekerja keras dan melepaskan ketergantungan pada rumus, yang mudah-mudahan akan ditangkap sebagai sikap mencari peluang sendiri oleh siswa.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Jumlah Pengunjung

  • 104,620 orang

See me

%d blogger menyukai ini: