Gilig Guru

Beranda » Artikel » Artikel Islam » Penjor adalah tradisi non-Islam

Penjor adalah tradisi non-Islam

Penjor dalam upacara pernikahan

Penjor yang sering kita temui dalam pernikahan adat, ternyata bukan dari tradisi lokal Jawa, melainkan berasal dari syariat agama Hindu.

Bahan penjor adalah sebatang bambu yang ujungnya melengkung, dihiasi dengan busung (janur) serta dedaunan lainnya (plawa) & batang tebu.  Bambu merupakan simbol kekuatan Hyang Brahma. Busung (janur) merupakan simbol  kekuatan Hyang–Mahadewa. Dedaunan (plawa) merupakan simbol  kekuatan Hyang Sangkara. Batang tebu simbol  kekuatan Hyang Sambu.

Penjor adalah salah satu sarana Upacara dalam merayakan hari raya Galungan. Sekaligus merupakan symbol Gunung Agung yang telah memberikan keselamatan dan kesejahteraan umat manusia. Umat Hindu meyakini bahwa tempat yang tinggi seperti gunung Agung adalah rumahNya Sang – Hyang Widhi.

Itulah penjelasan ust. Julaibib, mantan bedande Hindu yang dulu bernama Ida bagus Surya dalam kesempatan dialog terbuka di Unmuh jember (13/8/2011). Mualaf itu begitu sederhana dan tegas dalam keimanannya pada Allah swt. Jangan sampai kalah, kita pun juga harus lebih menjaga agar amal keseharian kita bersih dari campuran syariat kafir.


 


5 Komentar

  1. Joko Pratomo mengatakan:

    Penjelasan yang Keliru dari orang yang hanya mengaku-ngaku sebagai Pedanda (bukan bedanda). Adalah salah kalau dibilang Umat Hindu hanya meyakini bahwa tempat yang tinggi seperti gunung Agung adalah rumahNya Sang – Hyang Widhi karena hindu menganut paham Tuhan ada di mana-mana dan disebut dengan banyak nama tapi pada hakekatnya adalah satu. Kalau tidak salah Ustad Julaibib ini dulu bernama Ustad Abdul Azis dan aslinya katanya memilikinama Ida Bagus Erit Budi Winarno dari Tabanan. Tetapi ketika diajak berbahasa Bali oleh orang Bali benaran dan ditanyakan asal usulnya ternyata tidak bisa menjawab dan ditanya nama orang tuanya namanya juga tidak jelas. Layakkah seorang yang mengaku-ngaku dan berganti dengan beberapa nama ini dipercaya…? Silakan masyarakat umum khususnya Umat Islam menilai sendiri. Terimakasih

    • Gilig Guru mengatakan:

      Selain dari ust. Julaibib terdapat mantan Hindu lain yang CD nya telah tersebar. Intinya bukan siapa orangnya, tetapi kemiripan ajaran HIndunya dengan Islam. Padahal kalau aqidah sudah saling bercampur-baur, itu tandanya tidak murni lagi.

    • Abu Azka mengatakan:

      Anda SALAH PAK Joko Pratomo. Ustadz Julaibib nama Asline Ida Bagus Surya, Kalau Ustadz Abdul Azis itu Ida Bagus Erit Budi Finarno, SAG. hahahaha.lucu, sok tau lu!

  2. Ivan Ahmad mengatakan:

    bolehkah saya minta nomer HP / e-mail / apa saja yang bisa di hubungi dari ustadz julaibib . terimakasih .

    ini kontak personya :

    kopi_n_tv@yahoo.co.id
    081703611748 (suardi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Jumlah Pengunjung

  • 104,620 orang

See me

%d blogger menyukai ini: