Gilig Guru

Beranda » Beasiswa » Beasiswa Jepang » Tips Beasiswa Teacher’s Training Monbukagakusho (2)

Tips Beasiswa Teacher’s Training Monbukagakusho (2)

Beberapa orang bertanya pada saya, bagaimana caranya mengisi “FIELD of STUDY”, nah daripada hanya dishare ke beberapa orang, saya coba tulis disini supaya bisa dibaca bebas. Mudah-mudahan membantu.

How to Write Field of Study

  1. Saya menuliskan jurusan yang menjadi minat saya. Saya sendiri lulusan S1 Sastra Inggris, namun saya lebih tertarik mempelajari bagaimana cara pengelolaan sebuah sekolah. Maka saya browsing di internet apa saja jurusan yang disediakan di universitas Jepang.
  2. Jurusan yang paling dekat dengan minat saya ternyata School Management. Maka saya tuliskan alasan saya memilih jurusan tersebut.
  3. Selain itu saya tambahkan harapan dan rencana saya setelah selesai menempuh program TT ini.

Terus terang, sebenarnya saya tidak tahu apakah persisnya yang menyebabkan Kedubes Jepang meluluskan saya tahun 2008 kemarin. Jadi kalau tips ini ternyata tidak membantu anda, saya mohon maaf. Sebaliknya, mungkin saya yang butuh masukan baru.

Oya, ini ada link bagus untuk yang mencoba menempuh S2 dan S3

Cara mengontak profesor di luar negeri


6 Komentar

  1. gondes mengatakan:

    ass,.saya berencana untuk ikut TT d jepang,.tapi saya ada keraguan mengisi point 7 d formulirnya yaitu,.field of study in university or teacher training school in the past,.tolong penjelasannya pak,..arigatou gozaimasu

  2. Gilig Guru mengatakan:

    Wah, maaf saya terlambat sekali membaca permintaan anda. bagaimana kabarnya sekarang? Mestinya sudah proses mempersiapkan diri untuk keberangkatan kan?

    Kalau belum, maka perlu dicoba tahun ini. Maksud dari poin tersebut adalah Jurusan yang pernah diambil sebelum ini. Misalnya, saya adalah lulusan Sastra Inggris. Mudah-mudahan bisa membantu!

  3. Santy mengatakan:

    Assalamu;alaikum.. pak, saya sedang mengisi form S1, saya lulusan smk di sini ada What kind of field are you planning to study in Japan? field di sini jurusannya? kalau jurusan isian sebelumnya udah ada di kolom field of study and reason. mohon jawabannya pak..

  4. Dwi mengatakan:

    assalamu’alaikum pak
    salam kenal, mudah2n sehat n sll semangat
    saya sangat tertarik mengikuti TT,namun ada yang mau saya tanyakan pak, salah satu syarat u/megikuti TT, brpengalaman mngajar selama 5thn, saya seorang guru yang sudah mengajar selama 5tahun = 3tahun mengajar d’SMP n 2thn mngajar d’SMK, saya swaktu mengajar d’SMP masih brstatus mahasiswa
    apakah pengalaman saya mngajar tersebut memenuhi syarat TT?
    mohon bantuan n penerangan dari bpk

  5. muthahharah mengatakan:

    assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh.
    nama saya muthahharah dari makassar pak ,senang melihat blog bapak yang berisi tentang pengalaman bapak mengenai beasiswa mombukakagusho,saya guru dalam bidang studi bahasa inggris dan alhamdulillah sudah mengajar lebih dari lima tahun disebuah pondok-pesantren di makassar.keinginan besar saya sejak lama ingin sekali menginjakan kaki dan belajar di negeri sakura,kebetulan suami saya pernah magang dijepan selama 3 tahun.hal-hal yg beliau ceritakan tentang jepang membuat saya begitu terobsesi menimba ilmu disana!
    sore tadi saya mendapat info dari adik saya tentang beasiswa mombukagakusho untuk teacher training 2013 yg akan ditutup tgl 25 january 2013.dan kemudian saya ketemu blog bapak !
    alhamdulillah sudah baca semua persyaratannya.
    yang saya ingin tanyakan tentang pengisian Field of Study.di aplikasi disebutkan memilih paling banyak 2 research plan beserta memilih universitasx.sy bingung pak mau dapat dimana daftar universitas beserta field study yg sesui?
    kemudian saya mencoba membuka beberapa daftar universitas di japan dan saya melihat program teacher training dan yg sesuai dgn minat saya adalah english teaching n educational siences di MIE university.kira2 udah benar ya pak gitu maksudnya???
    sekiranya bapak punya waktu sedikit berbagi pengalaman hal-hal apa yang perlu dipersiapkan.mohon bantuannya ya pak.terima kasih yang sebesar-besarnya dan mohon maaf mengganggu kesibukan bapak.
    salam hormat!
    muthahharah

    • Gilig Guru mengatakan:

      Semoga sukses, saya pun juga mendaftarkan untuk program TT tahun ini. Research plans yang saya buat ada di posting lebih baru. Sementara pilihan universitas bisa diisi yang mana saja (seperti yang ditulis), namun saya kira untuk yang tahun ini kolom itu sudah dihapus… apa saya salah download ya? Apapun itu, nanti di tahap akhir akan diberikan buku panduan dari kedubes. Jangan khawatir.

Tinggalkan Balasan

Jumlah Pengunjung

  • 104,620 orang

See me

