Gilig Guru

Beranda » Artikel » Artikel Pendidikan » Mengatasi Rasa Takut Berbahasa Inggris

Mengatasi Rasa Takut Berbahasa Inggris

Banyak guru Bahasa Inggris di Indonesia cenderung untuk memfokuskan pengajaran mereka pada tata bahasa dan kosakata, dan cenderung mengarahkan pembelajaran bahasa ke dalam strategi menghadapi ujian. Dengan pendekatan ini, pembelajaran bahasa akan bergeser dari tujuan aslinya. Sebenarnya, belajar bahasa Inggris tidak melulu soal tes, tetapi lebih tentang penguasaan keterampilan. Hal ini membutuhkan usaha yang terus menerus dan konsisten. Seperti keterampilan lainnya, menjadi ahli membutuhkan waktu dan latihan. Oleh karena itu, kita perlu nilai proses, yang biasanya cukup berantakan, penuh dengan ketidakpastian, kesalahan, dan kesalahan. Membuat kesalahan harus dilihat sebagai bagian dari proses untuk meningkatkan penguasaan keterampilan, dan tidak dihukum baik itu dengan gerak tangan (ditertawakan), tindakan verbal (merendahkan kata-kata), atau bahkan dengan nilai/peringkat.
Sayangnya, banyak mahasiswa Indonesia masih merasa bahwa bahasa Inggris adalah subjek yang mengintimidasi. Mereka takut untuk mencoba karena mereka tidak ingin mengekspos kesalahan-kesalahan yang mereka buat. Membuka kesalahan berarti memperlihatkan kelemahan mereka. Mereka akan diam di tempat, dan akan merasa sebagai objek yang akan dinilai oleh teman-teman sekelas mereka, dan terutama oleh guru mereka, yang penilaiannya akan mempengaruhi nilai-nilai mereka, yang, sampai batas tertentu, dapat menentukan masa depan mereka. Hal ini biasanya menciptakan lingkungan belajar yang menakutkan dan telah menjadi penghalang yang umum bagi banyak siswa ketika mereka belajar bahasa Inggris.

Siswa perlu merasa aman dalam belajar. Mereka harus merasa aman untuk mengambil risiko. Mereka perlu yakin bahwa ketika mereka mencoba dan menghasilkan banyak kesalahan, mereka tidak ditertawakan. Sebaliknya, mereka harus merasa positif tentang hal itu, dan menggunakannya sebagai kesempatan untuk menjadi lebih baik. Selain itu, mereka harus memiliki dorongan dari dalam  untuk kemajuan dan menikmati proses belajar mereka. Ini adalah mengapa saya memutuskan untuk mengatasi masalah pada awal saya IELL (Integrated English Language Learning – Belajar Bahasa Inggris Terpadu) kelas karena aku ingin membuat mereka merasa aman dengan pembelajaran mereka di kelas saya.

Langkah pertama saya adalah mengumpulkan data awal tentang pengalaman belajar bahasa mereka. Sebagian besar dari mereka yang disebutkan tata bahasa dan kosa kata miskin sebagai masalah utama mereka dalam belajar bahasa Inggris. Namun, seperti yang saya telah mereka membahas lebih dalam tentang hal ini, jelas bahwa masalah sebenarnya adalah tekanan ketika mereka memproduksi bahasanya. Dengan kata lain, mereka sangat takut membuat kesalahan. Saya kemudian meminta mereka untuk mempertimbangkan perspektif mereka dengan mengatakan bahwa membuat kesalahan harus dilihat sebagai cara alami dalam belajar keterampilan apapun di dunia termasuk bahasa belajar. Saya membawa perhatian mereka untuk keterampilan seperti memasak, bermain gitar, menyanyikan lagu, dan mengemudi. Belum pernah ada kasus majikan seseorang di mana keahlian sempurna dalam satu tembakan. Bahkan seorang ahli dari keahlian yang masih membuat kesalahan, seperti bagaimana David Beckham, spesialis tendangan bebas di sepakbola, masih bisa melewatkan penalti, tendangan bebas 12 yard. Saya memberitahu mereka bahwa mereka harus melihat bayi dan anak-anak kecil sebagai model peran mereka dalam belajar bahasa karena bayi tidak pernah takut atau bosan mencoba, bereksperimen, dan belajar dari kesalahan dalam perkembangan bahasa mereka. Sesi ini singkat motivasi terbukti membuatnya menjadi lebih dari berani mengambil resiko.

Selanjutnya, saya menyuruh siswa mengeksplorasi suara mereka sendiri pada setiap isu. Saya sering meminta mereka untuk merenungkan topik yang kami bicarakan. Metode menulis bebas sangat membantu dalam hal ini. Sebagai siswa mulai memaksakan diri mereka untuk terus menulis selama 5-10 menit, mereka mulai lebih santai dan mengeksplorasi pikiran dan perasaan mereka sendiri pada setiap masalah mereka ditugaskan untuk menulis. Mereka mulai menikmati kegiatan ini karena mereka menemukan suara mereka yang sebenarnya. Untuk mengangkat gaya mengintimidasi klasik dalam menulis, yang memiliki produk tulisan dikumpulkan dan dinilai oleh guru, siswa terus menulis bebas dalam jurnal untuk diri mereka sendiri. Selanjutnya disebutkan bahwa banyak siswa freewriting adalah salah satu metode yang paling menyenangkan dan berguna dalam belajar. Selain itu, siswa menjadi lebih percaya diri dalam menulis dalam bahasa Inggris. Mereka melihat bahwa mereka selalu punya sesuatu untuk ditulis bahkan dalam bahasa asing sekalipun.

Dalam sebuah komunitas belajar yang aman, setiap anggota perlu merasa nyaman dalam menggali kekuatan belajar mereka sendiri, kelemahan, kebutuhan, minat, dan strategi pembelajaran. Untuk mencapai tujuan ini, saya menggunakan beberapa sesi di kelas dimana para siswa tercermin pada pengalaman mereka, menemukan minat mereka, menetapkan tujuan, dan membuat rencana pribadi untuk memperbaiki bahasa Inggris mereka. Pada awal semester, saya meminta mereka untuk menulis program mereka harapan dalam kuesioner. Di tengah semester, saya memiliki siswa menjawab pertanyaan reflektif Saya merancang, dan konferensi individu dengan mereka untuk mendiskusikan jawaban mereka. Pada akhirnya, saya meminta mereka untuk mencerminkan dalam jurnal mereka keseluruhan proses yang mereka alami di kelas IELL dan merencanakan belajar bahasa lebih lanjut setelah semester berakhir. Untuk batas tertentu, saya bisa mengatakan bahwa ini usaha yang terus menerus dan konsisten telah membuat siswa menggali motivasi intrinsik mereka untuk belajar karena mereka tetap mencerminkan proses mereka telah melalui, dan terus-menerus menetapkan target pribadi untuk belajar lebih lanjut.

Aspek penting lainnya dalam menciptakan tempat yang aman adalah untuk menunjukkan siswa bahwa Anda peduli tentang mereka dan pembelajaran mereka. Pada awalnya, saya menggunakan data yang dikumpulkan saya untuk mengenal para siswa, seperti hobi mereka, buku-buku favorit mereka, keluarga mereka, bahkan nama panggilan mereka. Ketika seorang siswa tidak hadir, aku selalu menyambut mereka kembali dalam pelajaran berikut. Hal ini memberikan kesan kepada siswa bahwa kehadiran mereka adalah penting kepada guru dan teman sekelas mereka. Ketika saya pergi melalui tugas mereka, saya menulis komentar sedetail mungkin, dan kemudian pergi melalui komentar di kelas. Sebelum semester jangka menengah, saya menulis email berharap semoga berhasil untuk tes, dan berbagi beberapa tips saya tentang bagaimana menghadapi tes kertas dan pensil. Akhirnya, sepanjang semester I menunjukkan apresiasi tentang gaya belajar mereka dan keunikan mereka. Misalnya, ketika saya menemukan bahwa sebagian besar siswa mencintai musik, saya memutuskan untuk menggunakan lagu dan menyuruh mereka menyanyikan lagu dalam bahasa Inggris. Cukup sering saya diubah pelajaran saya berencana untuk masalah pembakaran tiba-tiba di kelas. Saya percaya bahwa saya harus mengajar murid, bukan pelajaran. Siswa datang pertama, pelajaran harus mengikuti kebutuhan siswa.

Akhirnya, saya pikir saya penekanan pada pendekatan proses dalam bahasa belajar tampaknya telah membantu siswa untuk mencintai belajar itu sendiri. Mereka tampak menikmati dan menghargai setiap langkah kecil ke depan mereka buat. Dan ketika mereka menyadari jumlah dari langkah-langkah kecil menuju akhir, mereka kewalahan dengan kemajuan mereka sendiri. The bercerita digital (film) proyek adalah contoh yang baik untuk menjelaskan ini. Saat kelas mengadakan kontes film, para siswa, terutama lima finalis, tidak bisa percaya bahwa mereka mampu memproduksi film tersebut singkat besar di sekitar tiga bulan, terutama mengetahui bahwa mereka mulai dari nol pengetahuan tentang bagaimana menggunakan program moviemaker. Mereka menghargai langkah-langkah kecil yang mereka buat, dan mulai menyadari bahwa perjuangan dan kerja keras di antara awal dan hasil akhir adalah bagian dari ritual mereka harus pergi melalui dalam rangka untuk menciptakan produk berkualitas. Menjelang akhir, mereka sepertinya tidak cemas dan memiliki strategi lebih baik untuk menghadapi ujian dan deadline tugas.

Memiliki ruang yang aman telah membantu saya sebagai seorang guru untuk memaksimalkan potensi yang paling mahasiswa saya dalam pembelajaran di kelas IELL. Mereka menjadi kurang dan tidak takut mengambil resiko, untuk menjelajahi pikiran dan perasaan mereka sendiri, untuk berbicara pikiran mereka, untuk mencoba ide-ide baru, dan menciptakan produk-produk berkualitas. Sebagai guru saya bangga mengatakan bahwa peserta kelas IELL memang datang jauh dari tempat mereka mulai. keterampilan mereka Tidak hanya bahasa diperbaiki dan sebagian besar nilai-nilai akhir mereka baik, tetapi juga mereka telah menjadi lebih percaya diri, reflektif, dan pelajar yang lebih baik. Menciptakan lingkungan belajar yang tidak mengancam memang sangat penting untuk mendapatkan yang terbaik dari siswa.


Tinggalkan Balasan

Jumlah Pengunjung

  • 104,689 orang

See me

