Gilig Guru

Beranda » Pendidikan » Tahukah Kamu? » Bapak Terorisme Dunia

Bapak Terorisme Dunia

Serangan di Pearl Harbor

Di dalam sejarah perang dunia II, setelah Jepang menyerang Pearl Harbor di tahun 1945, pesawat-pesawat Kamikaze Jepang diceritakan menabrakkan dirinya ke kapal-kapal perang AS membuat pangkalan militer angkatan laut Amerika Serikat tersebut porak poranda. Namun serangan itu tidak cukup fatal untuk melumpuhkan.

Sejurus kemudian negara demokrasi AS membalas dengan melepaskan dua bom atom yang meluluhlantakkan kota Hiroshima dan Nagasaki. Bom yang dijatuhkan di pusat kota ini membunuh 193 ribu jiwa dan mencederai 154 ribu lainnya. Kerusakan yang ditimbulkannya sangat fatal sehingga tidak ada bangunan yang berdiri pada radius 2 km. Bom itu kemudian memicu hujan hingga sejauh 29 km yang berwarna hitam dan membawa partikel radioaktif berbahaya. Di luar area hujan tersebut terkena debu hingga beberapa kilometer jauhnya.

Berbeda dengan serangan Jepang yang ditujukan pada pihak militer, serangan negara demokrasi AS itu ditujukan kepada rakyat sipil, sesuatu yang memalukan untuk ukuran negara adidaya yang memiliki teknologi canggih, dan sangat bertentangan dengan Islam.

Serangan bom atom AS adalah sebuah bentuk kejahatan yang mengawali babak baru terorisme modern. Sejak inilah terorisme selalu dikaitkan dengan konotasi negatif dan Amerika Serikat dikenal luas sebagai bapak terorisme modern.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Jumlah Pengunjung

  • 104,689 orang

See me

%d blogger menyukai ini: