Gilig Guru

Beranda » Artikel » Artikel Pendidikan » Tips Lulus Ujian UAS/UAN – Mengejar Ketertinggalan

Tips Lulus Ujian UAS/UAN – Mengejar Ketertinggalan

Tips Lulus Ujian Nasional

Sebenarnya tidak ada cara yang lebih ampuh untuk lulus ujian dibandingkan dengan belajar secara istiqomah (tekun dan teratur). Namun boleh jadi diantara kita ada yang terlambat untuk memulainya. Nasi belum jadi bubur, kita bisa mengejar ketertinggalan itu dengan meningkatkan usaha seperti berikut ini:

  • BERTANGGUNG JAWABLAH. Bila selama ini kita berleha-leha atau kurang serius belajar, maka tanamkan perasaan bersalah, dan berjanjilah bahwa mulai saat ini kita akan merubahnya. Perasaan bersalah ini akan menimbulkan tanggung jawab dan kesungguhan dalam menebus kesalahan itu agar tidak terulang lagi. Di dalam Islam, ini disebut taubat. Yakni berhenti dari kesalahan, berbalik memperbaiki, dan tidak kembali lagi ke lubang yang sama.
  • FOKUS. Singkirkan apa yang selama ini menjadi pengacau waktu belajar kita. Pinjamkan mainanmu ke temanmu, ya, termasuk PlayStation itu. Minta keluargamu untuk tidak menyetel TV pada jam belajar. Oya, lebih baik lagi, ganti TV-mu dengan buku-buku bacaan.
  • BELAJAR KELOMPOK. Kebersamaan akan membuat kita bersemangat. Maka, ide belajar kelompok akan menjaga semangatmu untuk belajar secara terus-menerus untuk waktu yang lama, meski di satu sisi tidak efektif karena dapat memperlambat ketuntasan materi. Kalau kamu tidak punya kelompok, pergilah ke perpustakaan.
  • JANGAN BERHARAP PADA ORANG LAIN. Ketidakpercayaan diri akan sangat fatal. Mengharapkan akan ada bocoran soal akan melemahkan semangat belajar. Menunggu contekan teman amat sangat tidak membantu. Semua hal itu malah akan membuatmu seperti orang lumpuh yang putus asa untuk belajar berdiri kembali.
  • UPS, JANGAN BERLEBIHAN. Oke, kamu sedang semangat. Tetapi berada di depan meja setengah hari akan membuat otakmu penat dan badanmu tegang. Tidurlah yang cukup, makan yang bergizi, berjalan-jalan seputar rumah… tapi jangan kembali menyalakan TV, akan sangat membantumu rileks.
  • BERSERAH DIRI PADA ALLAH. Hal yang paling penting adalah sadarilah Allah saja yang akan menjadi penentu keberhasilanmu. Boleh jadi setelah apa yang kamu usahakan ini Allah masih akan mengujimu dengan kesabaran. Sampaikan pada ayah-ibumu saat berangkat ujian, “Ayah, Ibu, saya sudah berusaha yang terbaik, saya mohon doanya, mudah-mudahan kita tidak kecewa dengan apapun hasilnya. Mari kita serahkan pada Allah.” Dengan demikian insyaAllah kamu tidak akan terbebani dengan apa yang diluar dari perhitungan manusia.

Mudah-mudahan bermanfaat!

Jika anda mencari tips yang praktis, saya yakin artikel inilah yang bisa membantu, klik disini.


1 Komentar

  1. […] kamu belum membaca Tips Lulus UAS/UAN, silakan klik di artikel ini. Tapi bagi yang menginginkan langkah-langkah praktisnya, mari kita simak lebih […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Jumlah Pengunjung

  • 104,689 orang

See me

%d blogger menyukai ini: