Gilig Guru

Beranda » Berita » Berita Sekolah » Mengenal Lebih Dalam tentang Taman Kanak-kanak (Youchien) di Jepang

Mengenal Lebih Dalam tentang Taman Kanak-kanak (Youchien) di Jepang

 

Jas musim dingin TK

Jas yang dipakai oleh para murid TK saat musim dingin.

Taman Kanak-kanak (Youchien) dimanfaatkan benar-benar sebagai sekolah bermain atau bersosialisasi. Meski juga dimanfaatkan oleh orang Jepang sebagai penitipan anak selagi mereka bekerja (hoikuen). Umur anak pada saat masuk Sekolah Dasar adalah 6 Tahun yang terhitung sampai dengan 1 April di tahun tersebut.

Hal ini bisa dicontohkan sebagai berikut: Si A lahir pada tanggal 17 Februari 2000, Si B lahir pada tanggal 5 April 2000. Pada saat masuk SD 2006, baik si A maupun si B sama-sama berumur 6 tahun. Si A diijinkan untuk mengikuti di kelas 1, sedangkan si B tidak bisa masuk SD melainkan di TK – 2. Si B dianggap belum mencapai 6 tahun pada saat sekolah itu mulai. Jadi mengenai batasan umur ini menjadi penting mengingat ada perbedaan antara Negara Indonesia dan Jepang, sehingga ada kemungkinan besar terjadi penurunan kelas pada saat kepindahan sekolah anak dari Indonesia ke Jepang. Di sini diminta tiap orang tua untuk mempertimbangkan sejak awal, supaya bisa mempersiapkan segala sesuatunya.

Hal-hal yang perlu Diperhatikan

  1. Mendaftar langsung di sekolahnya
    Seragam olah raga TK

    Seragam olah raga untuk murid TK, memakai topi merah & tas

  2. Membayar Uang Pangkal dan keperluan sekolah sesuai dengan list yang dikeluarkan pihak sekolah. (Biaya yang dikeluarkan untuk pendaftaran serta seragam 50.000, terdiri dari Pendaftaran 10.000, Seragan sekolah 40.000). Sedangkan biaya perbulannya termasuk makan disekolah kira-kira 13.000/bulan.
  3. Setiap hari harus memakai seragam sekolah yang telah diberikan
  4. Mengenai pembagian kelas juga ditentukan dengan usia anak, Untuk Youchien dibagi menjadi 2 kelas yaitu usia 4 tahun dan usia 5 tahun.
  5. Jam sekolah mulai jam 08.30 sampai dengan jam 15.00 Berangkat dan pulang harus dijemput sama orang tuanya.
  6. Pelajaran yang diajarkan di sekolah bernyanyi, berenang, menempel dan Bermain- main serta belajar makan dengan benar.

Untuk TK ada yang sekolah negeri dan ada yang swasta. Seperti biasa kalo yang negeri lebih murah dibanding swasta, biasanya pembukaan kelasnya sudah diantri oleh orang Jepang. Bagi yang tidak dapat kelas di TK negeri bisa mendaftar di swasta. Untuk sekolah negeri bisa mendaftar terlebih dulu di City Hall, biasanya sudah penuh, sedangkan untuk yang swasta diminta kita langsung mendaftar ke sekolah yang dituju yang terdekat dengan tempat tinggal. Daftar sekolah bisa didapat di City Hall.

 

Topi & tas untuk TK

Tas dan topi yang dipakai oleh murid TK di Jepang. Topi kebanyakan sama, namun tas bisa berbeda di sekolah lain.

Orang Indonesia biasa menyekolahkan anaknya di Hayashigakko, yang mana cukup dekat bagi yang bertempat tinggal di Ohbayashi Wafu Ryo maupun Ekaku Apartment. Jangan heran kalau uang sekolah untuk TK lebih mahal dari SD, karena sekolah swasta. Untuk makan siang biasanya makan bersama di sekolah, yang mana biaya makan siang tersebut dibayar bersamaan dengan uang sekolah. Bagi yang beragama Islam jika kuatir terhadap makanan yang mengandung babi, bisa membawa bento (bekal). Biaya makan dikurangi dari uang sekolah bulanan, tapi bagi yang beralasan selain itu (misal tidak pernah habis atau tidak suka makanan Jepang) tidak diterima dan tetap diharuskan membayar. Saat berangkat sekolah harus diantar, begitu pula saat pulang harus dijemput.

Kewajiban dan Peran Serta Orang Tua Wali

1. Mengantar dan menjemput anak setiap hari (harus mengantri).
2. Menanyakan kondisi perkembangan anak ke Sensei
3. Menghadiri undangan latihan traffic jam (jalan macet/sibuk), gempa dll.
4. Jadwal menjaga rombongan anak sekolah 1 tahun sekali.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Jumlah Pengunjung

  • 104,689 orang

See me

%d blogger menyukai ini: