Gilig Guru

Beranda » Berita » Berita Umum » Bagaimana Pentingnya Menjadi Ibu Profesional dalam Islam

Bagaimana Pentingnya Menjadi Ibu Profesional dalam Islam

Suasana seminar Menjadi Ibu Profesional

(Acara ini disponsori oleh http://www.sekolahku.info)

Tanggal 20 Desember 2009

Menjadi Ibu Profesional adalah tema yang diusung oleh panitia seminar muslimah 2009. Seminar muslimah ini digagas oleh Majelis Ta’lim An-Nisaa’ Jember guna memberi kado indah untuk para bunda di hari ibu di tahun 2009 ini.

Meski sempat terlambat lima belas menit dari jadwal yang direncanakan, akhirnya tepat jam 08.15 WIB acara seminar di mulai. Pada kesempatan ini kedua pemateri yaitu : Ibu Hj. Dra. Mukni’ah (Tim Penggerak PKK Kab. Jember) dan Ibu Erlin Puspita Sari, S.E  (Tim Litbang Majelis Ta’lim An-Nisaa’ Jember) selama dua satu jam memaparkan sifat profesional yang harus dimiliki oleh para ibu.

Pada kesempatan pemaparan materi, pembicara I Ibu Dra. Hj. Mukni’ah menjelaskan bahwa di masyarakat realitanya ada empat golongan ibu rumah tangga yaitu :

  1. Ada seorang ibu yang sebenarnya mempunyai potensi tetapi tidak bisa mengembangkan potensinya karena berada pada lingkungan yang kurang memungkinkan.
  2. Ada ibu yang kurang potensi tetapi bisa tampil secara profesional karena mendapat motivasi dan dukungan penuh dari suami sebagi pendampingnya.
  3. Ada seorang ibu yang kurang mempunyai potensi dan berada pada lingkungan yang kurang mendukung terhadap pengembangan potensi dirinya maka jadilah ia kelompok ibu yang termarjinalkan.
  4. Ibu yang punya potensi dan bisa mengembangkan potensinya.

Pendek kata bahwa ibu yang profesional menurut beliau adalah ibu yang bisa mengembangkan potensi dirinya. Untuk bisa mengembangkan potensinya seoptimal mungkin maka seorang ibu butuh dukungan dan kerjasama dengan pendampingnya atau suaminya. Disinilah nanti akan tercipta ibu yang profesional dalam menjalankan perannya menjadi pengatur rumah tangga, seorang bunda dan menjadi anggota masyarakaat yang aktif dalaam kegiatan sosial kemasyarakatan.

Sedangkan menurut ibu Erlin selaku pemateri II, seorang ibu bisa dikatakan menjadi ibu profesional jika seorang ibu tersebut bisa dan berupaya menjalankan tugas merawat dan mendidik anak-anaknya sebagai generasi masa depan yang sholih dan sholihah serta tangguh. Selain itu ibu yang profesional adalah ibu yang senantiasa mengedepankan pelaksanaan kewajiban kepada Allah SWT dalam segala urusannya, baik saat ia menjalankan peran sebagai seorang ibu, sebagai istri dan sebagai anggota masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kesempatan ini kedua pemateri juga sepakat bahwa untuk menjadi ibu profesional setiap ibu harus menjadikan Al-Qur’an dan As-Sunnah sebagai pegangan hidupnya.

Akhirnya tak terasa dua jam telah berlalu. Antusiasme peserta tampak saat dibuka sesi tanya jawab. Pada dua sesi tanya jawab moderator hanya memberikan kesempatan kepada dua penanya di setiap sesinya. Walhasil banyak peserta yang melanjutkan diskusinya dengan pemateri di luar forum karena masih banyak hal yang ingin mereka ketahui tentang seluk-beluk menjadi ibu profesional ini. Meski antusiasme peserta untuk bertanya tinggi, tapi kkarena keterbatasan waktu maka tepat jam 11.30 WIB acara diakhiri dengan sebelumnya diberikan doorprize bagi peserta yang bertanya dan datang pertama kali.

Alhamdulillah, melihat wajah-wajah ceria dari para bunda yang hadir, hilang sudah lelah panitia yang telah mempersiapkan acara dengan seoptimal mungkin. Tentu saja tak ada gading yang tak retak. Begitu pula tentu saja masih banyak kekurangan yang terjadi saat acara seminar muslimah 2009 ini digelar. Semoga secuil kegiatan ini menjadi bekal berharga untuk peserta dan panitia kedepannya. Amien. Sampai jumpa di acara Majelis Ta’lim An-Nisaa’ lainnya.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Jumlah Pengunjung

  • 115,548 orang

See me

%d blogger menyukai ini: